Sebuah bentuk kontribusi nyata dari Kawanan Gagak Hitam berupa Album kedua – KAUSA “UNA IN PEPERTUUM”

Kawanan gagak hitam ini beranjak terbang meninggalkan kenyamanan sarang mereka di album pertama. 10 peluru di album kedua KAUSA yang di beri titel “UNA IN PERPTUUM” ini memberi sinyal bahwa mereka tidak pernah puas dan tidak ingin terikat pada satu genre, ekplorasi besar-besaran dilakukan mereka di album ini yang menghasilkan sebuah album yang berbeda dengan album pertama mereka.

Di album kedua ini mereka menyuguhkan musik yang lebih heavy dan jelajah lirik yang lebih berani. Intonasi vokal yang dipilih luks juga jauh berbeda dari karakternya di band manapun dia berada sebelum KAUSA. Di album ini Luks seperti menemukan taman bermain baru untuk jelajah vokalnya namun tetap meninggalkan karakter khasnya yaitu harmonisasi bernyanyi. Dari segi lirik juga goresan tulisannya terasa lebih tajam menyentuh semua aspek dalam kehidupan.

Dari unit gitar raungan gitar Fafa terasa terpengaruh oleh nada-nada metal dan postrock. Melodi-melodi ringan di album pertama pelan-pelan ditinggalkan dan mulai menjamah nada-nada yang lebih berat, saling bersautan dengan suara gitar dari Luks.

Drum dan bass di album ini juga menawarkan nada-nada baru yang tidak sama dengan album pertama, terlebih pada sisi drum. Ivan melakukan banyak eksperimen di 10 track album ini, ketukan-ketukan drum yang sebelumnya tidak dia mainkan di album pertama coba dia tumpahkan di album ini. Danar sebagai penjaga tempo mencoba bersanding harmonis dengan ketukan-ketukan drum, menarik!

10 track di album ini mencoba bercerita tentang sisi-sisi kehidupan, ketidakadilan, bencana, perbudakan ,kehidupan dan optimisme. Sebelum album dirilis KAUSA telah merilis teaser single dari album ini yang berjudul “Strata Setara”, mereka memutuskan untuk merilis terlebih dahulu single tersebut sebagai sinyal tanda

bahaya akan hadirnya album full kedua mereka. Secara garis besar sepertinya semua personil mencoba sesuatu yang baru yang lebih menyenangkan yang bisa membuat keterikatan antar mereka lebih kuat sebagai satu kesatuan selamanya seperti judul album ini sendiri “UNA IN PEPERTUUM”

Una In Perpertuum rilis tanggal 9 Oktober 2020 dibawah label Eyewitness Records, di tanggal yang sama juga rilis video klip single pertama yang berjudul JANGAN DIAM !!! HANTAM !!! yang bisa di tonton melalui channel Youtube KAUSA.


 
Tabik!

Tracklist :

1. Corvus
2. Masygul Galabah             
3. Haru Biru
4. Totaliter
5. Sabda
6. Marakubra
7. Aku Pernah Di Neraka
8. Merah
9. Jangan Diam !!! Hantam !!!
10. Strata Setara

Kausa Management :

CORVUS HQ
Jl.Sukasenang No.143 RT 04 RW 09 Cigugur Tengah Cimahi Tengah
Dikie : +6281386866426

The Yellow Sub
Jl. Nila No.3 A, RT.2/RW.1, Ciganjur, Kec. Jagakarsa, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota 
+62085814014312

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Tanya saja!
Feelm
Hi,

Ada yang bisa kami bantu?